INTERPERSONAL SKILLS

CHAPTER I

KONSEP DASAR INTERPERSONAL SKILL

1.2 DEFINISI INTERPERSONAL SKILL

Interpersonal skill adalah kemampuan seseorang berinteraksi berkomunikasi dengan orang lain secara verbal dan nonverbal. Ada bermacam – macam interpersonal, seperti berkomunikasi, bekerja sama, mengelola konflik, dan kepemimpinan. Seorang pemimpin harus memiliki interpersonal skill yang baik agar dapat memotivasi karyawan atau timnya dengan baik pula.

Manfaat memiliki interpersonal skill, yakni :

  1. Memudahkan kalian membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain.
  2. Memahami orang lain karena menggunakan pendekatan yang tepat.
  3. Bekerja sama secara efektif dengan mereka.

1.3 BERINTERAKSI DAN INTERPERSONAL SKILL

Kalian, berinteraksi dengan orang lain memiliki tiga tujuan utama, yaitu

  1. Mendapatkan sesuatu
  2. Menjaga hubungan
  3. Menghargai diri sendiri.

Untuk mencapai ketiga tujuan tersebut, diperlukan interpersonal skill. Dengan interpersonal skill kita dapat

  1. Menjalain relasi dengan orang lain.
  2. Menyeimbangkan antara prioritas dan tuntutan.
  3. Membangun keterampilan mengendalikan diri.

Interpersonal skill membantu kita mendapatkan apa yang kita butuhkan dari interaksi kita dengan orang lain sambal tetap menghormati diri sendiri dan orang lain.

1.4 TUJUAN BERINTERAKSI

Agar dapat mencapai tujuan berinteraksi, jangan lupa memperhatikan caramu berkomunikasi.

Berikut hal – hal yang dapat dilakukan saat  berkomunikasi supaya tujuan tercapai.

  1. Gunakan istilah dengan jelas untuk menyampaikan keinginan.
  2. Ekspresikan perasaan. Jangan berharap orang lain membaca pikiranmu.
  3. Tidak bertele – tele. Sampaikan keinginanmu dengan terus terang.
  4. Berikan respons positif kepada lawan bicara.
  5. Ingat tujuan kita. Jangan teralihkan oleh argument sehingga melupakan tujuan utama.
  6. Tampil percaya diri, pertimbangkan postur dan Bahasa tubuh, nada bicara, serta kontak mata.
  7. Bersedia memberi untuk mendapatkan. Tawarkan solusi alternatif untuk sesuatu yang kamu inginkan.

Tujuan berinteraksi dengan orang lain berikutnya adalah membangun dan menjaga hubungan baik untuk meningkatkan kualitas. Dalam hal ini, kita perlu memahami :

  1. Pentingnya hubungan tersebut bagi kita.
  2. Pemikiran dan perasaan orang lain terhadap kita.
  3. Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga hungan.

Berikut cara meningkatkan  kualitas hubungan.

  1. Bersikap baik dan hormat. Orang akan merespons lebih baik pada kelembutan daripada kekerasan.
  2. Menunjukan minat dengan mendengarkan tanpa menyela.
  3. Menunjukan bahwa kita mengerti perkataan mereka dengan memahami perasaan dan pikiran mereka.
  4. Tersenyum, menggunakan humor, serta bersikap ramah dan santai agar situasi nyaman.

Tujuan berinteraksi yang terakhir adalah mendapatkan apa yang kita inginkan dari relasi tersebut dengan tetap menghargai orang lain dan diri sendiri. Penting bagi kita untuk mrnghargai diri sendiri sebelum orang lain menghargai kita.

Berikut cara menghargai diri sendiri.

  1. Bersikap adil kepada orang lain dan diri sendiri.
  2. Tidak perlu merasa bersalah karena mengajukan permintaan, memiliki pendapat, atau tidak setuju dengan pendapat orang lain.
  3. Jangan mengabaikan nilai – nilai yang kita yakini hanya untuk mrnghindari konflik atau menyenangkan orang lain.
  4. Menghindari ketidakjujuran, seperti melebih – lebihkan, bertindak tidak berdaya untuk memanipulasi orang lain, atau berbohong.

1.5 JENIS – JENIS INTERPERSONAL SKILL

Interpersonal skill adalah keterampilan berinteraksi dengan orang lain. Agar meninggalkan kesan baik dalam hubungan kita dengan orang lain, kita perlu mengembangkan kesadaran tentang cara berinteraksi.

Berikut jenis – jenis interpersonal skill yang perlu kita latih dan kembangkan agar tujuan berinteraksi tercapai.

  • Refleksi diri
  • Berempati
  • Berkomunikasi
  • Mendengarkan secara aktif
  • Bekerja sama
  • Memecahkan masalah.


Belum ada Komentar untuk "INTERPERSONAL SKILLS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel