TUHAN TELAH MATI

 TUHAN TELAH MATI

Apa sih makna dari hidup kita?

Menurut Friedrich Nietzsche seorang filsuf dari Jerman, itu adalah pertanyaan umum yang biasa orang-orang tanyakan, setidaknya sekali seumur hidup, Ya nggak sih?

gue yakin banyak diantara lu semua yang mungkin sudah pernah tanya ini, namun pada akhirnya tidak menemukan kesimpulan yang memuaskan, after all kehidupan itu bagi sebagian orang hanyalah sebuah hal yang tanpa makna. Ya… Hal ini karena dunia semakin maju, manusia semakin lama semakin tahu tentang semua hal di sekitarnya, dan bagaimana cara dunia bekerja, dan semakin kita menghadapi kemajuan dan penemuan yang berasal dari ilmu pengetahuan, secara otomatis akan banyak dari kita yang menjadi jauh dari Tuhan, “itu menurut Nietzsche.”

Dan menurut Nietzsche meskipun pada dasarnya hidup ini tidak ada artinya, tapi kita bisa terlindungi dari fakta itu, hal ini karena ada banyak pilihan dan jalan hidup yang bisa kita pilih supaya kita tidak kehilangan meaning dalam hidup kita.

Nah hal yang paling universal yang bisa melindungi kita dari ketiadaan makna di alam semesta ini adalah agama, kenapa seperti itu?

karena agama itu bisa menyelesaikan masalah makna kehidupan ini, agama itu memberi kita true world theory yaitu keyakinan bahwa dunia yang kita jalani saat ini hanya transisi menuju surga dan neraka, surga dan neraka itu apa?

surga dan neraka itu dunia asli, true world nanti saat kita hidup selamanya, makanya Teori ini dinamakan true world theory, karena Teori ini menyiratkan bahwa ada dunia yang lebih baik dari pada dunia saat ini, dunia yang lebih nyata dibandingkan dunia saat ini.

Nah, tapi kalau kata Nietzsche “True World Theory ini sebenernya cuman buatan manusia, dan kita harus sadar akan hal ini.” Memang kalau kita Sadar kenapa?

Nah, ketika lu sudah sadar, lu akan tahu bahwa Tuhan telah mati karena kita mulai menyadari bahwa agama dan keimanan itu hanyalah buatan manusia. Di sinilah muncul statement paling kontroversial dan terkenal disejarah dunia filsafat “God is dead, and we have killed Him”. 

Kenapa Friedrich Nietzsche bilang bahwa Tuhan itu Mati?

Ingat penjelasan yang tadi? Karena manusia bisa lebih scientific, bisa lebih kritis dan sudah sadar bahwa agama itu hanya buatan manusia, agama itu hanya teori, true world theory yang dibuat oleh manusia untuk menghindari ketiadaan makna dari hidup ini.

Menariknya, meskipun Nietzsche bilang bahwa agama itu hanyalah buatan manusia, dia mengatakan bahwa ketiadaan agama dan Tuhan, justru malah akan membuat dunia Jadi chaos, dari kematian Tuhan ini akan terjadi kematian peradaban manusia, akan semakin sulit untuk jadi manusia yang rasional, tapi tetap percaya kepada Tuhan dan agama, sangat amat sulit.

Ketika agama dan Tuhan sudah mati, dan tidak lagi dipercaya oleh manusia maka musnahlah seluruh makna kehidupan. Semua nilai dan norma akan menjadi relative, dan kehidupan akan menjadi tidak bermakna, tidak ada argument yang berarti lagi karena tidak ada aturan baku dan dogma yang tidak bisa dibantah.

Di satu sisi semua orang memang bisa memilih makna hidupnya sendiri, tapi disisi lain akan ada banyak orang juga yang depresi karena kehilangan makna hidup dari nilai dan norma Absolut yang diajarkan oleh agama.

Nah kalau menurut lu gimana? apakah menurut lu Tuhan itu telah mati?

Dan apakah menurut lu kematian Tuhan dan hilangnya agama akan menimbulkan chaos di dunia?

Belum ada Komentar untuk "TUHAN TELAH MATI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel